Prinsip dan Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

 

kid-education

 

1.  Dana pendidikan anak adalah sesuatu yang niscaya, pasti dibutuhkan pada saatnya. Tinggal apakah orangtua mau mempersiapkannya sejak dini, ataukah menunda-nunda seraya berharap akan muncul rezeki dari jalan yang tak disangka-sangka.

2.  Waktu paling tepat memulai persiapan adalah sejak anak baru dilahirkan. Atau saat ini (kalau waktu itu belum kepikiran).

3.  Karena yang dibutuhkan berupa uang, maka cara terbaik  ialah investasi.

4.  Pada saat yang sama, orangtua harus mengambil asuransi jiwa.

5.  Asuransi jiwa berfungsi untuk berjaga-jaga agar rencana pendidikan anak tidak kandas jika orangtuanya mengalami  “sesuatu”. (Kita tak pernah tahu).

6.  Uang pertanggungan jiwa harus cukup untuk membayar biaya total pendidikan anak sampai lulus perguruan tinggi.

7.  Biaya total pendidikan yang dihitung adalah biaya pada saat masuknya nanti, bukan biaya saat ini, sebab biaya pendidikan selalu naik setiap tahun akibat faktor inflasi.

8.  Karena faktor inflasi itu pula, maka imbal hasil investasi harus lebih besar daripada inflasi.

9.  Sebuah program yang dipersiapkan untuk dana pendidikan anak harus memuat sekurang-kurangnya tiga skenario.

  1. Orangtua sehat-selamat-sejahtera
  2. Orangtua tidak bisa bekerja karena terkena sakit kritis/cacat total
  3. Orangtua meninggal dunia, secara normal ataupun karena kecelakaan

Skenario mana pun yang terjadi, dana pendidikan anak tetap harus tersedia.

10.  Skenario pada anak hanya ada satu, yaitu skenario pertama. Anak tidak butuh skenario kedua dan apalagi ketiga. Jika skenario kedua yang terjadi, mungkin ia tidak bisa belajar di sekolah secara normal. Jika skenario ketiga yang menimpa, sudah pasti anak tidak usah sekolah. Jadi buat apa dana pendidikannya disiapkan?

11.  Dari sini, maka membuka polis asuransi pendidikan atas nama anak merupakan suatu kesalahan. Polis tetap atas nama orangtua. Anak jadi ahli warisnya.

,

Tapro Allisya untuk Pendidikan Anak

Tapro Allisya Protection Plus, program asuransi jiwa+investasi, dapat digunakan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak. Tapro Allisya menyediakan tiga skenario:

1)       Orangtua sehat-selamat-sejahtera (alhamdulillah), maka dana pendidikan dapat dicairkan pada saat dibutuhkan, yaitu ketika anak masuk jenjang-jenjang sekolah.

2)       Orangtua tidak bisa bekerja karena terkena sakit kritis/cacat total, maka tidak usah lagi bayar premi. Cicilan dilanjutkan oleh program persiapan dana pendidikan tsb.

3)       Orangtua meninggal dunia, secara normal ataupun kecelakaan, maka anak mendapat warisan yang cukup besar. Dana ini bisa disimpan saja di bank sebagai dana abadi pendidikannya.

Skenario ini bisa ditambah dengan beberapa lagi, tapi hal itu akan mengurangi hasil investasi yang menjadi tujuan utama keikutsertaan.


Catatan

  • Masa pembayaran premi pada tabel adalah 18 tahun. Jika anak sudah agak besar, masa pembayaran dihitung sampai ia masuk kuliah.
  • Jika terdapat dua anak, maka orangtua bisa membuka dua polis, atas nama ayah dan atas nama ibu.
  • Untuk peserta dengan usia dan jenis kelamin yang berbeda, besarnya manfaat proteksi bisa berbeda dan nilai investasi pun akan berbeda.
  • Asumsi investasi 15% per tahun. Asumsi ini tidak dijamin dan tidak lepas dari risiko investasi. Nilai yang sebenarnya dapat lebih kecil atau lebih besar dari angka yang tertera di tabel.
  • Angka proyeksi hasil investasi pada tabel apabila dana belum pernah diambil. Jika ada pengambilan dana, maka nilai investasi di jenjang selanjutnya akan berbeda (lebih kecil).
  • Dana bisa diambil sesuai kebutuhan, dengan menyisakan saldo minimal 2 juta. Kalau dana diambil seluruhnya, polis tutup.
  • Tersedia pilihan premi lainnya, sesuai kebutuhan dan anggaran.

Cara Pengambilan Dana

  1. Mengisi formulir penarikan dana.
  2. Melampirkan fotokopi identitas diri (KTP/SIM).
  3. Kirim ke kantor pusat atau cabang Allianz, atau dititip lewat agen.
  4. Dalam waktu 7 hari kerja, dana sudah dikirim ke rekening peserta.

4 thoughts on “Prinsip dan Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

  1. Ping balik: Hindari Kesalahan dalam Membeli Asuransi | Asuransi Jiwa Allianz Syariah

  2. Ping balik: Dana Saya Terbatas, Asuransi Apa Yang Harus Diambil Terlebih Dulu? | Asuransi Jiwa Allianz Syariah

  3. Ping balik: Perbandingan Komposisi Ilustrasi Asuransi Pendidikan | Asuransi Jiwa Allianz Syariah

  4. Ping balik: Cara Terbaik Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak | Asuransi Jiwa Allianz Syariah

Tinggalkan komentar